14 Agustus 1997

Doa: Jalan Masuk Kedalam Hidup

less the Lord my soul, who leads me into life, “Masuk ke dalam hidup!” tiba-tiba saja kalimat lagu itu menghentakku saat silent dalam Midday Prayer. Mungkin itu adalah pergumulanku dalam usaha mencari arti hidup. Sulit memang, tapi bukankah Allah sendiri yang akan memimpinku? Allah menghembuskan nafas hidup ke dalam tubuh manusia, agar tubuh menjadi hidup. Kesadaran akan kehidupan sebagai anugerah mungkin akan sedikit mengurangi beban perjuanganku untuk menjalani hidup yang penuh dengan realitas yang kadang menyakitkan ini.


Masuk ke dalam hidup berarti harus berani untuk tinggal, diam dan menjalani realitas hidup itu sendiri, di mana Allah hadir di dalamnya. Kehidupan di Taize, membuat aku belajar untuk masuk ke dalam realitas hidup itu sendiri, yaitu berkerja tanpa mengabaikan doa, dan doa tanpa mengabaikan kerja. Di mana doa bisa menjadi semangat dan sumber inspirasi dalam doa dan sebaliknya pergumulan terhadap realitas menjadi bagian dari doa.


1 komentar:

Yohana Defrita Rufikasari mengatakan...

doa:jalan masuk ke dalam hidup. cukup terkejut membaca artikel Anda. mengapa? karena saya sendiri tidak tahu bagaimana cara berdoa. sudah lama saya lupa apa itu doa. saya jadi terusik untuk bertanya apakah itu berarti "belum masuk ke dalam hidup"? entahlah...
Pemahaman alkitab yang ada di kampus emang membahas soal doa. tapi saya tidak tahu cara berdoa. saya tidak tahu kepada siapa saya sebenarnya memanjatkan doa. ada kerinduan untuk berdoa...tapi semakin saya coba semakin jauh dan sulit untuk berdoa. saya merasa sangat munafik...saya merasa tidak layak berbicara tentang Allah dari atas mimbar. karena saya tidak kenal siapa Dia. saya hanya tahu dia dari kajian ilmu teologi saja. dari artikel2 Anda saya menafsirkan(bisa saja salah, maaf) kehidupan rohani Anda seimbang. terkesan sangat ideal. bagaimana Anda dapat menyeimbangkan yang imani dengan rasio?
terimakasih
Joannadee